Langsung ke konten utama

Soal UAS No. 3-Explore Penggunaan 3 Modul Add-Ons

Selama Malam Good People, ketemu lagi bersama saya Yohanes Fridolin yang pantang pulang sebelum kelar hehe. Kali ini saya akan menjawab soal nomor 3 pada soal UAS SII Take Home Test.
Soal : Setiap Mahasiswa/i meng-install TIGA Modul Add-Ons Tambahan, yang tidak berhubungan dengan pembagian modul kelompok.
Explore, Ceritakan dan Jelaskan:
A)    Tiap mahasiswa harus melengkapi data/cell yang masih kosong (jika ada) seperti nama technical add on dan link add on. Melengkapi dan menulis langsung pada Google spreadsheets link di atas. Petunjuk googling di www.odoo.com/apps atau masuk ke Odoo di localhost. Menu Setting > Apps.
B)     Cara install modul add-ons. Saran : sebaiknya install modul utama yang berhubungan dengan modul yang diassign. Tapi kalau Anda mau pakai database kelompok, juga tidak apa apa. Khusus no 3 ini, gunakan Server Odoo LOCAL di laptop Anda sendiri, supaya nanti server utama tidak rusak.
C)     Download modul tambahan *.zip dari www.odoo.com/apps. File modul ini harus disertakan dalam pengumpulan tugas.
D)    Panduan cara menggunakan modul add-ons tersebut
E)     Kegunaan masing-masing modul add-ons.
F)      Perbedaan sebelum dan sesudah modul add-ons diinstall.
G)    Database yang ada (muncul) saat modul add-ons diinstall juga harus dikumpulkan
H)    Screen Shot serta posting laporannya di blog pribadi dan blog kelompok.
Nah Setelah saya memahami Soalnya, mari kita simak jawabannya.

Nah ini modul Add-ons yang harus saya Explore. Gak kelihatan yaa? Hehe ini nama modulnya
1.      Partner Management Application - Partner Sector  
2.      Indonesia - Form BC 3.0 for DJBC Reporting  
3.      HR Expense Product Policy
Sebelum mengExplorenya saya harus mendownloadnya terlebih dahulu di www.odoo.com/apps lalu search nama modul yang akan diinstall. Jika hasil pencarian berdasarkan nama tidak ketemu, kita bisa cari berdasaarkan nama Authornya dimana disini modul add-ons saya memeliki author dari OpenSynergyIndonesia. Lal kita cari secara manual karena disitu ada sekitar 182 modul buatan OpenSynergyIndonesia.Hasil download modul akan berupa .zip lalu kita Extract dahulu ketiga modul tersebut.
Setelah di extract, Copykan ketiga folder tersebut ke C:\Program Files (x86)\Odoo 8.0-20170303\server\openerp\addons. Setelah selesai di copy, masuk ke Services pada Laptop anda, lalu cari server odoo dan klik Restart.



Sudah bisa?? lalu kita masuk ke http://localhost:8069 buat database baru agar database lama tidak rusak.
 Setelah sudah,masuk ke Setting, Module List. Pilih "Update".
Setelah di Update, klik App dan masuk ke kolom Search. Ketikkan ketiga nama modul yang telah kita update tadi.
Jika ada, berarti modul sukses di update dan siap untuk diInstall, kemudian kita tinggal Install ketiga modul tersebut.
Explore Modul.
Modul 1 : HR Expense Product Policy
Modul ini ditunjukkan untuk bagian HRD (Human Resource Developing)
Fungsi dari Modul ini adalah untuk mengatur kebijakan produk yang diperbolehkan berdasarkan kategori produk.
Untuk perbedaanya ketika kita masuk ke bagian HRD ( Human Resources ) akan ada menu Expense dibagian kiri menu Human Resources.
Untuk lebih jelasnya, langkah pertama adalah pada Human Resources kita pilih Employee. Tambahkan daftar data pegawai kita.


Pilih Create, dan isi informasi data public dan personal dengan lengkap. Nah ini yang penting pada " HR Settings "  pada kolom Expense Product Policy kita harus centang bagian Allow " Required Expense Product " agar kebijakan product bisa digunakan.


Setelah itu kita masuk ke menu "Expenses". Pilih Create lalu isikan formulirnya.pilih nama karyawan yang ingin membeli product tersebut. lalu isikan informasi harga dan detail dari product tersebut.

Nah Jika sudah klik save. Lalu akan muncul hasil dari form tersebut.Kita bisa mengeprintnya ataupun bisa langsung Submit ke Manager.

Nah Jika kita klik Expense lagi, akan muncul daftar nama pegawai yang membeli product beserta tanggal Ekspirednya.

Sekian Fungsi dari Modul Add-ons saya yang pertama, lanjut yang ke dua yuk !
Modul 2 : Partner Management Application - Partner Sector 
Fungsi dari modul ini adalah untuk memanagemen / mengatur pengelompokkan perorangan/perusahaan-perusahaan yang berhubungan atau bekerjasama dengan perusahaan kita.
Untuk Perbedaanya, akan ada penambahan menu bagian di pojok atas ketika kita telah meng-Install modul Partner Management Application - Partner Sector
Cara menggunakannya yaitu setelah kita meng-install Partner Management Application - Partner Sector akan muncul menu partners pada database kita.Lalu kita klik.



Lalu untuk menambahkannya kita tinggal pilih termasuk jenis apa yang ingin kita tambahkan? jika per-orangan kita tambahkan di "Individual Partners" namun jika perusahaan kita tambahkan di "Company Partners" lalu klik "Create".
Berikut Perbedaan antara pemilihan Individual ataupun Company.


Nah Isikan form Partner dengan lengkap berdasarkan informasi perusahaan/perorangan tersebut dengan benar dan jangan lupa, pilih peran mereka itu sebagai apa? Apakah Costumer atau Supplier.
Sekian Explore saya mengenai fungsi dari Partner Management Application - Partner Sector, yuk lanjut ke modul yang terakhir.

Modul 3 : Indonesia - Form BC 3.0 for DJBC Reporting
Fungsi untuk membuat report pada periode tertentu yang ditentukan yang berhubungan dengan IT Inventory. Kita bisa membuatnya dalam bentuk Inventory maupun Document.
Perbedaanya adalaah, akan ada menu IT Inventory yang bertugas untuk membuat fungsi dari Add on ini.

Hasil dari DJBC Periodnya adalah sebagai berikut


Sekian jawaban saya mengenai Explore 3 Module Add On tersebut semoga bermanfaat, Salam Sukses untuk kita semua.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 4.4 : DbVisualizer

DbVisualizer  merupakan tools untuk database berbasis GUI. DBVisualizer bisa dijalankan secara multiplatform, dia bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Fitur utama yang dimilikinya adalah DBVisualizer ini mendukung berbagai jenis database seperti: Oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, Mimer SQL, Neoview, MySQL, Informix, JavaDB/Derby, H2, SQLite, NuoDB, dan Vertica.  untuk link download  Dbvis 1. download dbvis pada link yang telah di sediakan 2. setelah download maka jalankan program dbvis, lakukan penginstalan seperti biasa, dengan next saja. saya download dbvis with Java Vm. S etelah selesai lalu jalanakn dbvis. maka akan muncul 3 tampilan sebagai berikut tampilan ini bertujuan untuk membuat koneksi  tampilan ini di gunakan untuk mencari JDBC driver yg sudah terinstal pada laptop kita dan ini adalah tampilan utama pada dbvis. Lalu kita akan masuk ke database yang ada pada Odoo. Langkah pertama kita harus  Add Connection (

Tugas 4.3 : Menghubungkan Trello dengan Slack

Selamat malam semuanya,pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara menghubungkan trello dengan slack.menghubukan disini adalah mengintegrasikan trello dengan slack sobat. langsung saja ke dalam inti nya, langkah-langkah: 1. masuk ke dalam trello yang telah kalian buat, saat ini saya menggunakan trello kelompok STJ untuk di hubungkan dengan slack kelompok STJ.  2. buka link ini  https://trello.com/platforms/slack  untuk menghubungkan trello ke slack 3. maka setelah itu slack akan terhubung dengan trello Sekian informasi cara menghubungkan Trello dengan Slack, semoga bermanfaat.

Tugas 2.2.3 : Review Blog 3

Baiklah karena Blog ke 2 yang akan kami review Not found Maka kami akan mereview untuk BLog ke 3 dengan alamat blog : http://stj-uperp7.blogspot.co.id Tampilan Blognya : Apa saja isinya ?? Berikut  merupakan isi dari blog di atas : Oke , masih sama dengan hasil review Blog 1 yang kami review namun pada blog ke 3 yang kami review ini hanya membahas 1 .. yaitu Profil SMP Teratai Jaya Pada Bulan April 2016 membahas tentang latar belakang , Visi , dan Misi SMP Teratai jaya berikut juga dengan Struktur Organisasinya . Baiklah sekian review blog ke 3 dari kelompok kami .. sekian dan terimakasih.